Pengertian Tentang Bitcoin

Berikut sebuah video yang di persembahkan oleh bitcoin.co.id  dan memaparkan dengan ringkas bagaimana Bitcoin tersebut bekerja.




Bitcoin adalah sebuah mata uang virtual yang dapat digunakan untuk bertransaksi online. Bentuk dari mata uang ini hanyalah sebuah file layaknya file-file umum biasa. File tersebut merupakan enskripsi dari kode-kode unik yang menjadikannya tak sama satu dengan yang lain. 


Dan seperti file mp3 atau word yang Anda miliki di perangkat komputer atau hp Anda, file BitCoin juga dapat disimpan dalam komputer atau sebuah flash disk atau software yang dinamakan BitCoin Digital Wallet. Selain itu BitCoin juga dapat di simpan di jasa penyimpanan BitCoin di Internet yang berbentuk layaknya sosial cloud.

Menurut beberapa sumber, sejarah dari lahirnya BitCoin berawal pada tahun 2007. Seorang ahli komputer mencoba mengembangkan sistem mata uang virtual model baru yang sama sekali tidak terikat oleh pihak atau otoritas manapun. Orang itu bernama Satoshi Nakamoto. Pria asal jepang tersebut mengaku mengembangkan BitCoin selama 2 tahun dan mulai melepasnya di dunia internet pada tahun 2009 dan akhirnya menyebar hingga saat ini.

Namun ada beberapa ahli yang menyatakan bahwa sang penemu tersebut adalah nama fiktif dan tidak ada secara nyata orang dengan nama tersebut. Ada sebagian ahli yang menyatakan bahwa mata uang BitCoin merupakan sesuatu yang dibuat oleh seseorang atau kelompok orang yang memang ingin membuat persepsi baru dalam dunia transaksi online. Dan tujuan utamanya tentu saja untuk mengambil keuntungan.

Namun, kembali lagi terlepas dari banyak nya cerita yang beredar nyatanya kini sudah ada orang yang bertransaksi dengan menggunakan BitCoin dan nampaknya hal tersebut makin marak bahkan sudah menyentuh masyarakat maya di Indonesia. Anda bisa mencari beberapa informasi di kaskus karena tidak sedikit yang telah memperjual belikan BitCoin disana.

sejak dikenalkan pada tahun 2009, mata uang unik ini nyatanya mulai digunakan oleh sebagian pelaku eCommerce di dunia.

Bitcoin sebagai mata uang memiliki fitur sebagai berikut :

  • Transfer instant secara peer to peer. 
  • Transfer ke mana saja.
  • Biaya transfer sangat kecil. 
  • Transaksi bersifat irreversible, artinya sekali ditransfer tidak bisa dibatalkan. 
  • Transaksi bitcoin bersifat anonim. 
  • Bitcoin tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintah apapun. 
  • Jumlahnya terbatas .

Mata uang BitCoin memang merupakan hasil dari perkembangan dunia teknologi ecommerce yang tumbuh terlalu masif. Bagi Anda yang memang seorang pelaku ecommerce boleh saja mengikuti dan mengerti lebih dalam tentang perkembangan yang ada, namun yang terpenting adalah tetap mengutamakan keamanan transaksi anda. Kita tunggu saja bagaimana perkembangan mata uang virtual unik yang satu ini.

Sejauh ini hanya kurang dari 25% komentar cerdas yang di-approve. Jangan buang-buang waktu sobat untuk melakukan spam di sini.


EmoticonEmoticon